«

»

Jun 16

Empat Tahap

Kebanyakan orang yang mengikuti suatu organisasi, perkumpulan, jamaah atau yg sejenisnya, bangga dengan jumlah pesertanya yang banyak. Sebenarnya kuantitas memang diperlukan, namun yang lebih penting lagi sebenarnya kualitas dari para anggotanya.

Para masyaikh suatu jam’iah pergerakan pernah diminta untuk mengadakan pertemuan tahunan untuk seluruh negri, dengan demikian akan nampak seberapa besar kemajuan jama’ah tersebut. Permintaan tsb dijawab dengan pertanyaan : sejauh mana perkembangan usaha dakwah di negri tsb. Karena tidak ada yg berani menjawab, para masyaikh menjawab pertanyaannya sendiri sbb : bahwa perkembangan usaha dakwah ada 4 tahap :

1. Banyak orang menentang usaha dakwah.

2. Banyak orang menerima usaha dakwah.

3. Banyak orang menjalankan usaha dakwah, namun bila ada usaha dunia datang bersamaan usaha agama, dunianya lebih dipentingkan.

4. Banyak orang menjalankan usaha dakwah, namun bila ada usaha dunia datang bersamaan usaha agama, agamanya lebih dipentingkan.

Maksudnya kita tidak boleh berhenti usaha sampai pada tahap ke-2, namun masih ada perjalanan panjang yang harus dilalui sampai tahap ke-4.

Wallahu a’lam bishowab.

Artikel terkait : Suara Merdeka, Tribun Jateng.

 

css.php